20 Negara Terkecil di Dunia

20 Negara Terkecil di Dunia - Hallo sahabat Uniknya Kita, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 20 Negara Terkecil di Dunia, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Daftar 20, Artikel negara, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 20 Negara Terkecil di Dunia
link : 20 Negara Terkecil di Dunia

Baca juga


20 Negara Terkecil di Dunia

FAKTA JAGAD - Taukah anda? ada berapa negara di dunia ini? pasti banyak sekali bukan? namun taukah anda ada banyak sekali negara negara unik di dunia ini, seperti halnya negara kita adalah negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia. namun taukah anda negara terkecil di dunia, sebagian besar pasti sudah tau kan, ya kali ini Fakta  Jagad akan memperkenalkan 20 Negara terkecil yang ada di dunia ini.

Berikut adalah 20 Negara Negara Terkecil di Dunia


20. Saint Lucia (617 km²)

20 Negara Terkecil di DuniaSaint Lucia adalah sebuah negara kepulauan di Laut Karibia bagian timur yang berbatasan dengan Samudra Atlantik. Sebagai bagian dari Antilles Kecil, Saint Lucia berada di sebelah utara Saint Vincent dan Grenadines dan selatan Martinique.
Hasil utama yang pernah menjadi satu-satunya hasil pangan ialah pisang. Kini buah-buahan lainnya juga ditanam di sana.
Saint Lucia merdeka dari Britania Raya pada 1979. Negara kecil ini pertama kali ditemukan oleh bangsa Spanyol pada 1503, lalu diserahkan kepada Perancis untuk sekian lama dan sejak 1803 dikuasai Britania.


19. Isle of Man (572 km²)

20 Negara Terkecil di DuniaPulau Man (bahasa Inggris: Isle of Man; bahasa Manx: Ellan Vannin) juga dikenal dengan nama Mann adalah sebuah dependensi mahkota Britania yang terletak di Laut Irlandia, hampir sama jauhnya dari Inggris, Irlandia, Skotlandia dan Wales. Wilayahnya seluas 572 km² dengan penduduk sejumlah 76.315 jiwa (2001). Pulau Man memiliki "parlemen aktif tertua di dunia" bernama Tynwald yang didirikan kira-kira pada 979.
Pulau Man merupakan pos terluar/kerajaan bangsa Viking dari tahun 700 hingga 900. Kemudian Kerajaan Hebrides dari Norwegia menguasainya hingga abad ke-13 sebelum Man direbut oleh Skotlandia. Inggris menguasainya sejak abad ke-14.

18. Andorra (468 km²)

20 Negara Terkecil di DuniaKepangeranan Andorra adalah sebuah kepangeranan kecil yang terletak di Eropa bagian barat daya, di timur bantaran Sungai Pirenea dan berbatasan dengan Perancis dan Spanyol. Negara mewah ini terkenal dengan sektor pariwisata dan status bebas cukai. Andorra merupakan sebagian dari negara-negara Katalan.
Tradisi mengatakan bahwa Charlemagne memberikan piagam untuk orang Andorra sebagai pengganti perang mereka melawan bangsa Moor. Jabatan maharaja di daerah itu diwariskan kepada pangeran Urgell lokal dan akhirnya kepada uskup dari keuskupan Urgell. Pada abad ke-11, terjadi pertentangan antara uskup dan tetangganya di utara Perancis atas Andorra.

17. Palau (458 km²)

20 Negara Terkecil di DuniaRepublik Palau (juga dieja sebagai Belau) adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik, 200 km sebelah utara wilayah provinsi Papua Barat, 255 km sebelah timur wilayah provinsi Maluku Utara, 500 km sebelah timur wilayah provinsi Sulawesi Utara dan 500 km sebelah timur negara Filipina. Negara ini merdeka pada tahun 1994 dari Wilayah Perwalian Kepulauan Pasifik yang diperintah Amerika Serikat. Palau terdiri dari 8 pulau utama dan sedikitnya 250 pulau kecil.
Nama untuk kepulauan ini dalam Bahasa Palau, Belau, sepertinya berasal dari kata dalam bahasa Palau untuk "Kampung", Beluu, atau dari Aibebelau yang berarti "Balasan tak langsung", yang berhubungan dengan pembuatan makhluk mitos.



16. Seychelles (455 km²)

20 Negara Terkecil di DuniaSeychelles atau Seiselensa (Dengarkani/seɪˈʃɛlz/ say-SHELZ; French: [sɛʃɛl]), Secara resmi Republik Seychelles (bahasa Perancis: République des Seychelles; Creole: Repiblik Sesel), adalah sebuah negara kepulauan yang mencakup sebuah kepulauan dari 115 pulau di Samudera Hindia di Samudra Hindia, sekitar 1.600 km sebelah timur daratan Afrika, dan sebelah timur laut Madagaskar. Negara dan teritori tetangganya ialah Mauritius dan Reunion di sebelah selatan, Komoro dan Mayotte di barat daya, dan Maladewa di timur laut. Seychelles, dengan perkiraan populasi 86.525, memiliki populasi terkecil di Afrika. Seychelles adalah bagian dari Kepulauan Mascarene bersama dengan Mauritius, dan Reunion.

15. Antigua dan Barbuda (440 km²)

20 Negara Terkecil di DuniaAntigua (/ænˈtiːɡə/ an-TEE-gə atau kadang diucapkan /ænˈtiːɡwə/), dikenal juga dengan sebutan Wadadli,[oleh siapa?] adalah sebuah pulau di Hindia Barat, di Kepulauan Leeward di Karibia, pulau utama negara Antigua dan Barbuda. Antigua berarti "kuno" dalam bahasa Spanyol dan nama yang diberikan oleh Christopher Columbus ini berasal dari nama tokoh Katedral Sevilla, Santa Maria de la Antigua.Nama Waladli berasal dari penduduk pribumi Indian dan kira-kira bermakna "milik kami".[butuh rujukan] Keliling pulau ini sekitar 87 km (54 mi) dan luasnya mencapai 281 km2 (108 sq mi). Jumlah penduduknya sebanyak 80.161 jiwa per sensus tahun 2011. Ekonominya bergantung pada pariwisata, dan sektor pertaniannya memenuhi kebutuhan dalam negeri.

14. Barbados (431 km²) 

20 Negara Terkecil di DuniaBarbados adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di perbatasan Laut Karibia dan Samudra Atlantik. Merangkum satu dari gugusan pulau-pulau Antilles Kecil, Barbados terletak di bagian timur gugusan tersebut.

Barbados masyhur dengan industri pariwisatanya dan dikenal sebagai Little England atau 'Inggris Kecil' kepulauan Karibia. Ini dikarenakan pengaruh Inggris yang kuat di pulau ini. Pulau Barbados terletak 2.585 km sebelah tenggara Miami, Amerika Serikat dan 860 km dari Caracas, Venezuela.

13. Saint Vincent dan the Grenadines (389 km²) 

20 Negara Terkecil di DuniaSaint Vincent dan Grenadine merupakan negara kepulauan yang tak luput dari dominasi bangsa Eropa. Wilayah ini ditemukan oleh Christopher Columbus pada 1498. Beberapa waktu silam dia menjadi daerah yang diperebutkan Britania Raya yang masih lebih unggul, dan menguasai negeri ini hingga kemerdekaannya pada 1979. Bertetangga dengan Saint Lucia di sebelah utara, dan Barbados di timur, wilayahnya hanya setengah luas Pulau Ambon.

12. Grenada (344 km²)
20 Negara Terkecil di Dunia Grenada adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di bagian paling selatan Kepulauan Windward, Karibia. Letaknya sekitar 161 km di sebelah utara Venezuela. Grenada merupakan negara terkecil kedua di belahan bumi Barat (setelah Saint Kitts dan Nevis).


11. Malta (315 km²)

20 Negara Terkecil di DuniaRepublik Malta adalah sebuah negara kepulauan di Eropa Selatan. Malta terdiri dari lima pulau, tiga di antaranya berpenghuni, di tengah-tengah Laut Tengah. Letaknya yang strategis telah menyebabkan Malta dijajah oleh berbagai penguasa selama berabad-abad. Malta dikenal sebagai tujuan pariwisata khususnya bagi orang Eropa. Sejak 1993, Malta terbagi menjadi 68 dewan kota (local council), kebanyak dari penduduk Malta adalah Keturunan Italia dan Libya, hampir 98% dari total penduduk menganut agama Gereja Katholik Roma.

10. Maldives atau Maladewa (300 km²)

20 Negara Terkecil di Dunia Republik Maladewa adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari kumpulan atol (suatu pulau koral yang mengelilingi sebuah laguna) di Samudra Hindia. Maladewa terletak di sebelah selatan-barat daya India, sekitar 700 km sebelah barat daya Sri Lanka. Negara ini memiliki 26 atol yang terbagi menjadi 20 atol administratif dan 1 kota. Negara ini merupakan negara dengan populasi dan luas wilayah terkecil di kawasan Asia. Tinggi rata-rata permukaan tanah di Maladewa adalah 1.5 meter di atas permukaan laut, hal ini menjadikannya negara dengan permukaan terendah di seluruh dunia. Puncak tertinggi Maladewa hanya 2.3 meter di atas permukaan laut sehingga negara ini juga dikenal sebagai negara yang memiliki puncak tertinggi paling rendah di dunia. Keadaan ekonomi Maladewa bergantung pada dua sektor utama, yaitu pariwisata dan perikanan. Negara ini sangat dikenal memiliki banyak pantai yang indah dan pemandangan bawah laut yang menarik ± 700.000 turis setiap tahunnya. Penangkapan dan pengolahan ikan menjadikan Maladewa salah satu ekportir ikan ke beberapa negara Asia dan Eropa.

9. Saint Kitts dan Nevis (261 km²)


20 Negara Terkecil di DuniaFederasi Saint Kitts dan Nevis, atau juga dikenal sebagai Federasi Saint Christopher dan Nevis adalah sebuah negara federasi dua pulau yang terletak di Kepulauan Leeward, Karibia. Negara ini merupakan negara yang terkecil di Amerika, dalam luasnya, dan jumlah penduduknya. Ibu kota, dan kursi pemerintahan federal bertempat di Pulau Saint Kitts. Pulau Nevis yang lebih kecil wilayahnya berjarak sekitar 3 km sebelah tenggara Saint Kitts.

Saint Kitts, dan Nevis merupakan pulau-pulau pertama di Karibia yang disinggahi orang Eropa. Saint Kitts dahulu adalah rumah bagi perkampungan Inggris, dan Perancis pertama di Karibia.


8. Marshall Islands (181 km²)

20 Negara Terkecil di DuniaRepublik Kepulauan Marshall (nama alternatif: Marsyal) adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik bagian barat. Dia berbatasan dengan Nauru dan Kiribati di sebelah selatan, Mikronesia di barat, dan Pulau Wake di utara.
Walaupun warga Mikronesia menghuni Kepulauan Marshall pada abad 2000 SM, pengetahuan tentang sejarah awal negara ini hanya sedikit. Penjelajah Spanyol Alonso de Salazar merupakan orang Eropa pertama yang menemukan Kep. Marshall, tetapi kepulauan ini tidak pernah dikunjungi lagi selama beberapa abad hingga kapten Inggris John Marshall mengunjuginya pada 1788; kepulauan ini dinamakan menurut namanya.

7. Liechtenstein (160 km²)

20 Negara Terkecil di DuniaKepangeranan Liechtenstein (nama alternatif: Listenstaina) beribu kota Vaduz adalah sebuah negara kepangeranan seluas kurang lebih 160 kilometer persegi yang terkurung daratan. Terletak di tepi timur Sungai Rhein di antara negara Austria dan Swiss, segala urusan luar negeri negara berbahasa Jerman ini diurus oleh Swiss. Liechtenstein terkenal pula dengan jasa perbankan dan mengandalkan pendapatan dari sektor pariwisata, terutama penjualan prangko.

6. San Marino (61,2 km²)

20 Negara Terkecil di DuniaRepublik San Marino merupakan negara terkecil ke lima di dunia dan dikelilingi oleh Italia tepatnya di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Rimini, daerah Emilia-Romagna dan di sebelah selatan provinsi Pesaro dan Urbino, daerah Marche.
San Marino adalah negara republik konstitusional tertua di dunia, dibentuk pada 3 September 301 oleh Santo Marinus dari Rab, seorang tukang batu Kristiani yang kabur pada saat penganiayaan agama oleh Kaisar Romawi Diokletianus. Konstitusi San Marino diberlakukan pada 1600, adalah konstitusi tertua di dunia yang masih berlaku.

5. Bermuda (United Kingdom) (53 km²)

20 Negara Terkecil di DuniaBermuda adalah sebuah wilayah seberang laut Britania Raya di Samudra Atlantik bagian utara. Letaknya sekitar 933 km dari pesisir Carolina Utara, Amerika Serikat. Wilayah yang terdiri dari 138 pulau ini dibagi menjadi 10 lingkungan (parish) dan 2 munisipalitas.

4. Tuvalu (26 km²)

20 Negara Terkecil di Dunia Tuvalu, dulunya dikenal sebagai Kepulauan Ellice, adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di antara Hawaii dan Australia di Samudra Pasifik. Tetangga terdekat adalah Kiribati, Nauru, Samoa dan Fiji.

Tuvalu terdiri dari empat pulau karang dan lima atol benar. Populasi penduduk mencapai 10.472 membuatnya menjadi negara berdaulat ketiga terpadat di dunia, dengan Vatikan City dan memiliki penduduk lebih sedikit Nauru. Tuvalu mempunyai luas daratan hanya 26 kilometer persegi. Tuvalu adalah negara terkecil keempat di dunia, lebih besar dari Kota Vatikan denagn luas 0,44 km2 , Monako dengan luas 1,95 km2 dan Nauru dengan luas 21 km2. Tanah di Tuvalu tidak cocok untuk pertanian dan badan air yang terkurung daratan. Laguna sangat umum ditemukan di tempat ini. Titik tertinggi di antara 114 pulau yang membentuk negara ini hanya setinggi 5 m di atas permukaan laut.

3. Nauru (21 km²) 

20 Negara Terkecil di DuniaRepublik Nauru, atau sebelumnya dikenal dengan nama Pleasant Island, adalah negara berbentuk republik terkecil di dunia. Negara ini tidak memiliki ibukota resmi. Nauru terkenal dengan hasil produksi fosfatnya yang telah ditambang oleh gabungan perusahaan asing sejak 90 tahun terakhir. Tetangga terdekat Nauru adalah Kepulauan Banaba, Kiribati. Dengan 9.378 penduduk, Nauru adalah negara dengan penduduk paling sedikit kedua setelah Vatikan.

2. Monaco (2 km²)

20 Negara Terkecil di DuniaMonako Dengarkani/ˈmɒnəkoʊ/, secara resmi Kepangeranan Monako (bahasa Perancis: Principauté de Monaco (pengucapan bahasa Perancis: [prɛ̃.si.po.te.d(ə).mɔ.na'ko]), adalah sebuah negara kota berdaulat, yang terletak di Côte d'Azur di Eropa Barat. Berbatasan dengan Perancis di tiga sisi, dan satu sisi berbatasan dengan Laut Tengah, pusatnya adalah sekitar 16 km (9.9 mi) dari Italia, dan hanya 13 km (8.1 mi) dari timur laut Nice, Perancis.


1. Vatican City (0,44 km²)

20 Negara Terkecil di Dunia Kota Vatikan (bahasa Italia: Città del Vaticano [tʃitˈta del vatiˈkaːno]; bahasa Latin: Civitas Vaticana), dengan nama resmi Negara Kota Vatikan (bahasa Italia: Stato della Città del Vaticano; bahasa Latin: Status Civitatis Vaticanae), merupakan sebuah enklaf yang dikelilingi tembok di dalam kota Roma di Italia. Dengan luas area sekitar 44 hektar, dan populasi sebesar 842 jiwa, Negara Kota Vatikan merupakan negara independen terkecil di dunia, baik area maupun populasinya, yang diakui secara internasional.


Nah itulah beberapa negara terkecil di Dunia, semoga menambah wawasan kita semua,


Demikianlah Artikel 20 Negara Terkecil di Dunia

Sekianlah artikel 20 Negara Terkecil di Dunia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 20 Negara Terkecil di Dunia dengan alamat link https://unikanehduniaa.blogspot.com/2017/01/20-negara-terkecil-di-dunia.html